Rumus HLOOKUP digunakan untuk mencari nilai dari tabel bantu secara Horizontal
Cara Penulisan =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
Keterangan :
- lookup_value : Nilai untuk ditemukan di kolom pertama dari baris.
- table_array : Tabel dari informasi di mana data dicari.
- row_index : Nomor baris dalam tabel table_array di mana nilai pencocokan seharusnya dikembalikan.
- range_lookup : ini adalah nilai logis yang menentukan apakah sobat ingin mencari kecocokan yang tepat atau kecocokan perkiraan. Jika BENAR atau dihilangkan, kecocokan perkiraan dikembalikan; dengan kata lain, jika kecocokan yang tepat tidak ditemukan nilai terbesar berikutnya yaitu kurang dari lookup_value dikembalikan. Jika SALAH, VLOOKUP mencari kecocokan yang tepat. Jika kecocokan yang tepat tidak ditemukan, nilai galat #N/A dikembalikan.
Contoh penerapan :
Keterangan :
- C28 = kode golongan pegawai yang menjadi pengunci keterkaitan antara tabel Daftar Gaji Karyawan dengan Tabel Ketentuan Gaji
- $C$36:$F$38 = range tabel ketentuan gaji yang akan diambil nilainya kedalam tabel Daftar Gaji Karyawan, sedangkan sysbol $ (dollar) merupakan pengunci(absolut) agar tidak terjadi perubahan/pergeseran cell.
- 2 = baris Gaji yang akan ditampilkan pada Kolom Gaji Pegawai pada tabel Daftar Gaji Karyawan
Jika rumus yang dimasukkan benar dengan Golongan Pegawai 2A yaitu akan terisi Gaji Pegawai Rp. 500.000,-
Demikian sobat, mudah mudahan bermanfaat...
Terima kasih telah membaca artikel tentang Penggunaan Rumus HLOOKUP pada Microsoft Excel di blog BUTEK jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
Silahkan isi komentarnya sob..
catatan :
#Komentar nya yang santun
#tidak menyisipkan Spam/Link Hidup