Cara Memasangkan Konektor RJ45 pada Kabel Twisted Pairs

Saya kira sudah bayak yang bisa melakukan ini, namun tidak ada salahnya pada kesempatan kali ini saya coba sharring kan cara memasangkan konektor RJ45 pada kabel Twisted pairs ala Butek. hehehe...

Siapkan Peralatan dan Bahan nya:
1. Konektor RJ45 (kepanjangan nya Register Jack), Banyak yang bisa sobat pilih dari harga terendah hingga tertinggi, ini dia penampakan RJ45
Konektor RJ45
Konektor RJ45

2. Kabel UTP/STP, banyak pilihan nya juga di pasaran dari harga termurah hingga termahal
Kabel UTP
Kabel UTP

3. Crimping (alat yang digunakan untuk memasangkan konektor RJ45 ke ujung kabel UTP/STP), banyak juga pilihan nya
Crimpting TRENDNET
Crimpting TRENDNET

4. Tang Pemotong (digunakan untuk memotong ujung kabel agar sejajar)
Tang Pemotong Essen
Tang Pemotong Essen

5. Kabel Tester (alat yang digunakan untuk menguji hasil pemasangan konektor RJ45, sebagai penggati multimeter hehehe...)
Kabel Tester
Cable Tester
Tahapan berikutnya rencanakan pemasangan nya mau menghubungkan perangkat apa-apa saja. jika sobat ingin menyambungkan 2 unit komptuer secara langsung PC to PC / Laptop to Laptop maka sobat bisa memasangkan dengan tipe Hubungan Cross Over, jika sobat akan menyambungkan 3 unit komputer / lebih dengan perantara HUB/Switch maka sobat bisa memasangkan dengan tipe hubungan Straight. mengenai urutan warna kabel untuk kedua jenis tipe Hubungan Cross Over  / Straight Cable sudah saya ulas di postingan sebelumnya. dalam hal ini yang akan dibahan yaitu memasangkan tipe hubungan stright

Mari kita simak langkah-langkah pemasangan nya:
1. Kupas ujung kabel dengan crimpting/benda tajam lainnya, (tips: panjang kurang lebih 10cm)
 


2. Pisahkan semua warna kabel dari lilitan aslinya


3. Urutkan warna kabel sesuai dengan standard internasional/bebas, urutan warna nomor 1 dimulai dari sebelah kiri hingga kana urutan ke 8. (tips : agar mudah dalam menguurutkan, sobat letakkan kabel satupersatu ke atas telunjung dengan posisi melintang, dan kabel sobat tekan dengan ibu jari agar tidak berubah lagi posisi urutan kabelnya),
Selanjutnya rapihkan kabel "harus lurus dan rapat", (tips : agar lurus sobat bisa menggoyang-goyang kabel keatas dan kebawah, agar rapat sobat bisa menggoyang-goyang ke kanan dan kekiri)


4. Potong ujung kabel hingga sejajar (tips: agar pada saat mendorong kabel kedalam konektor bisa sampai ke ujung semua nya)


5. Masukkan ujung kabel ke konektor, dengan posisi tembaga konektor berada diatas (tips : jarin tangan yang memegan konektor sekaligus juga memegang ujung konektor), hati-hati pada saat mendorong kadangkala ada kabel yang bertumpuk pada 1 lubang atau belok saling bertukaran urutan lubang.


6. Tekan Crimpting (tips pegangan tangan jangan dilepaskan dari kabel),
 


7. Jika sudah selesai keluarkan konektor dari tang crimpting (tips: tekan pengunci konektor nya, kemudian tarik keluar)


8. Jika konektor sebelah telah terpasang, maka ulangi langkah 1 sampai 7 untuk memasangkan konektor pada ujung yang skedua (tips : perhatikan kembali urutan warna pada konektor yang sudah terpasang, kalau-kalau ada urutan warna yang tidak sesuai, kalau itu terjadi, sobat jangan panik solusi pasangkan urutan warna kabel sesuai dengan ujung konektor yang sudah terpasang)

9. Jika sudah selesai langkah terakhir yaitu periksan hasil pemasangan konektor dengan menggunakan kabel tester (tips: pasangkan konektor ke dua ujung port tester, geserkan tombol ke posisi on / s)
 

Demikian sobat, Cara memasangkan Konektor RJ45 pada kabel Twisted Pairs. semoga bermanfaat
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Memasangkan Konektor RJ45 pada Kabel Twisted Pairs di blog BUTEK jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Silahkan isi komentarnya sob..
catatan :
#Komentar nya yang santun
#tidak menyisipkan Spam/Link Hidup

 
-->