Cara Memperbaiki PC Mati Sendiri - Butek

Selamat Siang Sobat, bagi sobat yang masih cinta dengan PC kesayangan pernahkan sobat menemukan permasalahan kompi nya tiba-tiba mati total setelah beberapa menit digunakan??? dan untuk bisa nyala kembali perlu beberapa jam hingga komputer dingin. kalau pernah, sama cerita nya dengan yang pernah saya alami. maklum waktu itu masih newbie. :D, yang dibahas kali ini tentang PC LGA

Pasti sobat kaget bercampur kesal jika itu terjadi. kaget karena sobat hawatir kalau kompi tidak bisa digunakan lagi, kesal nya bila sobat sedang enjoy bermain dengan PC kesayangan tetapi tiba-tiba dia mati sendiri seolah-olah tidak mau di pake lagi terlebih lagi kalau sobat sedang mengerjakan hal yang sangat penting seperti pekerjaan kantor atau tugas-tugas kampus/sekolahan.

Dalam hal ini sobat jangan pernah panik, saya punya sedikit tips untuk memperbaiki keadaan. sebelum ke tips sobat perhatikan dulu penyebab-penyebab dan akibat-nya:
  1. Kompi sobat sudah lama tidak dibersihkan sehingga banyak bertumpuk debu (berakibat Fan Heatsink dan processor panas)
  2. Sirkulasi Ruang penyimpanan kompi sobat tidak lancar/terlebih lagi posisi kompi dekat dengan mesin besar dan menghasilkan panas (berakibat Fan Heatsink dan processor panas)
  3. Kompi sobat sudah berumur tua, sehingga Fan Heatsink rapuh (berakibat processor panas)
  4. Sobat membongkar kompi, kemudian selesai merakitnya lagi akan tetapi sobat kurang faham Prosedur pemasangan (berakibat FAN Heatsink dan processor panas)
Tentu point diatas bisa menjadi salah satu penyebab nya sehingga berakibat kompi sobat Mati Total dengan tiba-tiba. dalam istilah komputer ini suka disebut Overheat/kepanasan. jika itu terjadi pada sobat, sekarang mari kita simak langkah-langkah yang perlu sobat lakukan untuk memperbaiki nya:

1. Siapkan Obeng (+) dan (-)
2. Siapkan Koas / Penyedot debu kecil
3. Siapkan Cairan pembersih non air / Penghapus Pensil 2B
4. Langkah pertama buka casing, angkat motherboard, lakukan memeriksaan terhapad FAN Heatsink (kemungkinan kaki Fan Heatsink patah, putara Fan sudah lambat, Pemasangan Fan Heatsink miring, Heatsink nya aus)
5. Kalau itu terjadi maka lepas Fan Heatsink dan lakukan:
  • Jika kaki Fan patah : sobat bisa melakukan kanibal/oplos dengan kaki Fan Heatsink lain yang sudah tidak terpakai, jika tidak ada mau tidak mau sobat membeli yang baru (karena tidak ada jualan kaki Fan Heatsink :) );
  • Jika Kipas/Fan putaran nya lambat, berikan pelumas (minyak kelapa/oli/minyak goreng/lainnya) pada poros Fan nya beberapa tetes dan putar-putar kan hingga terasa lancar
  • Jika Fan Heatsink miring maka lepaskan dulu, periksa dudukan kaki (warna putih, kalau-kalau kakinya tidak masuk ke lubang pengunci), lalu pasangkan kembali.
  • Jika Heatsink nya aus/sudah tidak bisa menyerap panas maka kanibal/beli yang baru :)

    MB + Fan LGA 775
    MB + Fan LGA 775
6. Setelah permasalahan point 5 ditangani pasangkan kembali Fan Heatsink dengan benar, "pemasangan Fan Heatsink ke empat kaki nya harus masuk dan terkunci dengan baik, Fan Heatsink tidak miring lagi dan tidak goyang"
7. Langkah berikutnya adalah menguji coba, nyalakan komputer nya hingga masuk ke Sistem Operasi, biarkan standy bay/boleh sambil dipakai" ingat-ingat biasanya mati total setelah berapa menit" jika sudah mencapai menit terakhir biasa mati total sobat boleh periksa Heatsink nya "sentuh saja dengan tangan :) kalau tidak panas "selamat" sobat berhasil melakukan perbaikan. jika ternyata panas, dan kemudian kompi Mati total kembali berarti ada permsalahan lain diluar Fan Heatsink.

Demikian sobat, semoga Cara Memperbaiki PC Mati Sendiri bermanfaat bagi sobat semua.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Memperbaiki PC Mati Sendiri - Butek di blog BUTEK jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

2 comments

Lucky Computer Solution

Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

1. Komputer mati total
2. Komputer sering Hang
3. Komputer lambat
4. Terkena virus
5. Install program
6. Install ulang Operasi sistem Windows
7. Pemasangan jaringan
8. dll
Bagaimana dengan biayanya ?

Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

Balas

makasih sudah mampir gan. mangga yang membutuhkan jasa nya, hubungi langsung. :)

Balas

Silahkan isi komentarnya sob..
catatan :
#Komentar nya yang santun
#tidak menyisipkan Spam/Link Hidup

 
-->